Planet-Planet Yang Mirip Dengan Bumi

Sejak lama para ilmuwan dan astronot dunia mencari kediaman baru selain di bumi. Baru-baru ini para ilmuwan menemukan sebuah planet yang mirip dengan bumi. Planet tersebut beranama "Godzila" yang berukuran 2,3 lebih besar dari bumi.

Planet-planet yang mirip dengan bumi
Ilustrasi planet Godzilla
Planet Godzila diberi kode dengan planet Kepler 10C yang juga menjadi penguat khalayak umum bahwa di luar angkasa sana ada planet yang bersahabat dan dapat dihuni oleh manusia.  Planet Godzila bermasa 17 kali lipat daripada bumi yang kita huni sekarang ini dan planet tersebut mengorbit pada bintang yang berjarak 560 tahun cahaya.

Selain planet "Godzila" yang telah ditemukan oleh para ilmuwan dan astronot, mereka juga telah menemukan beberapa planet yang mirip dengan bumi. Berikut 6 + 1 planet yang telah kita baca di atas yang mirip dengan bumi.

1.  KEPLER 186f
Planet-Planet Yang Mirip Dengan Bumi
Planet dengan kode 186f ini adalah planet yang hampir mirip dengan bumi perbedaannya adalah bintang induknya yang lebih redup.  Planet 186f sangat menjanjikan untuk kehidupan karena ukuran yang hampir sebesar dengan bumi juga memiliki jarak orbit yang lumayan aman

2.  KEPLER 22b
Planet-Planet Yang Mirip Dengan Bumi
Planet yang terlihat hijau ke biru-buruan tersebut berkode planet 22b yang ditemukan 3 hari setelah Kepler diaktifkan. Ukuran dari planet 22b tersebut adalah 2,4 kali lebih besar ketimbang bumi. Ilmuwan berpendapat bahwa permukaan planet 22b tersebut adalah sepenuhnya diisi oleh air atau planet yang bersamudera. Hal tersebutlah yang meyakinkan banyak ilmuwan planet tersebut bersahabat untuk kehidupan, selain itu juga lintasan orbitnya yang aman

3.  KEPLER 62
Planet-Planet Yang Mirip Dengan Bumi
Planet yang ditangkap oleh Kepler selanjutnya adalah planet dengan kode 62. Planet yang diyakini mempunyai kandungan air dan layak huni ini menambah keyakinan para ilmuwan mengenai planet layak huni. Selain itu juga orbit planet 62 ini sangat aman.

4.  KEPLER 62f
Planet-Planet Yang Mirip Dengan Bumi
Planet 62f yang mirip dengan kepler 22b ini diyakini mempunyai kandungan air yang cukup banyak dan mengorbit pada bintang induknya yang lebih aman. Planet 62f ini berada pada rasi bintang Lyra dan berjarak 1200 tahun cahaya dari bumi. Ukuran planet ini lebih besar 1,4 kali lipat dari bumi.

5.  KEPLER 62e
Planet-Planet Yang Mirip Dengan Bumi
Planet selanjutnya yang di dapat melalui pengukuran kecepatan orbitnya ini dinamai dengan Kepler 62f.  Planet yang sangat mirip dengan bumi dari ukuran juga mengorbit pada zona yang layak huni. Sebelum penumuan planet kepler 186f, planet inilah yang diyakini sangat menyerupai dengan bumi. Planet 62f ini juga diyakini mempunyai kandungan air yang banyak seperti yang diteliti bahwa planet ini dilapisi oleh samudra pada permukaannya.

6.  KEPLER 69c
Planet-Planet Yang Mirip Dengan Bumi
Planet yang dijuluki sebagai Bumi Super ini awalnya diyakini mengorbit pada bintang induknya namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata planet dengan nama kepler 69c ini masuk lebih dalam ke area atau zona yang lebih aman.  Ukuran dari planet 69c lebih besar 70% persen dari bumi, oleh sebab itulah planet ini dijuluki sebagai Bumi Super. Sedangkan jarak kepler 69c dengan bumi berjarak 2700 tahun cahaya.

Sumber:  dw.de
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Miko Virgoez
admin
6 April 2015 pukul 05.07 ×

Wah amazing sekali ya gan,, keren banget. thanks info.

Reply
avatar
6 April 2015 pukul 05.20 ×

berapa tahun ya bisa kesana :D bisa dihuni oleh manusia gk yahhh

Reply
avatar
Isa Hakim
admin
6 April 2015 pukul 05.26 ×

waduh...tpi ada makhluknya gak gan? Btw adasih yang isinya cuma binatang..mau tau? Animal Planet :v (gk lucu lupain -_-) Btw nice info gan..

Reply
avatar
6 April 2015 pukul 23.46 ×

wah bsa bsa nanti perang nie, kya pilm independence day dan war of the world,
smga ga dah, :)
mkseh gan info nyh, :)

Reply
avatar
7 April 2015 pukul 00.50 ×

mantep gan info yang menarik gan amazing nice

Reply
avatar
4 Juni 2015 pukul 06.16 ×

waah... manteb gan. mungkin kita di masa depan bisa buat mesin transport :D

Reply
avatar