Bisakah Bulan Meninggalkan Bumi?

Bisakah Bulan Meninggalkan Bumi?
Bumi yang semakin hari semakin dijauhi oleh bulan | foto: BBC

Bulan adalah sebuah satelit alami yang dimiliki oleh planet Bumi. Sejak awal terbentuknya bulan sekitar 4,5 miliar tahun silam hingga sekarang ini ternyata bulan semakin hari semakin menjauh dari bumi, bergerak 18 kali lebih jauh. Lalu bagaimana jika memang kelak bulan lepas dan meninggalkan bumi?

Seperti yang dilansir dari BBC (4/3/2015) tanpa Bulan, lautan Bumi tidak akan mengalami pasang surut. Bahkan hitungan hari di Bumi pun akan berubah menjadi lebih lama atau panjang dari yang sebelumnya.

Banyak ilmuwan menilai, bahwa Bulan benar-benar penting untuk membantung menciptakan kehidupan di Bumi. Gesekan antara permukaan bumi dan permukaan air di atasnya akan membuat bumi berputar lebih lambat dari waktu ke waktu. Bumi dan Bulan ternyata terkunci dalam satu lingkungan gravitasi dengan kekuatan yang kuat lalu keduanya pun memiliki keterkaitan saat melakukan proses rotasi. Sehingga ketika bumi berputar lebih lambat di orbitnya maka bulan justru berputar lebih cepat.

Dengan ketergantungan atau keterikatan antara Bumi dan Bulan tersebut maka bulan diprediksi tidak akan pernah lepas dan meninggalkan bumi. Jika Bumi terus melambat dalam melakukan rotasi, maka bumi akan berputar pada tingkat yang sama dengan orbit Bulan.

Namun sebelum hal di atas terjadi, Matahari di masa depan akan berkembang berubah menjadi raksasa berwarna merah. Matahari diperkirakan akan menelan Bumi - Bulan dan peristiwa ini diprerkirakan akan terjadi dalam waktu lima miliar tahun yang akan datang.

Mungkinkah peristiwa penelanan Bumi oleh Matahari ini ada kaitanya dengan tabrakan antar galaksi?

Sumber: http://techno.okezone.com/read/2015/03/04/56/1113741/apa-jadinya-jika-bulan-meninggalkan-bumi
Previous
Next Post »