Mencari Keberadaan Black Hole

Lubang Hitam atau Black Hole yang selama ini masih dipelajari dan diteliti oleh para ilmuwan dan astronot menjadi sebuah penelitian yang sangat panjang. Mengingat black hole atau lubang hitam hanya berada pada sebuah galaxy yang mempunyai bintang atau obyek yang mempunyai massa yang sangat besar. Salah satu bintang yang berada di Galaxy Andromeda mempunyai black hole, jarak antara Bumi yang berada di Galaxy Bima Sakti dan Bintang di Galaxy Andromeda berjarak 2.5 juta tahun cahaya.

Untuk mengetahui di Galaxy mana saja black hole berada, kita dapat menggunakan sebuah website HubbleSite. Dalam website tersebut kita dapat mencari tahu black hole dengan memindahkan sebuah obyek yang memaparkan gambar alam semesta. Berikut adalah screenshot penampakan dari HubbleSite.

Where is the black hole


Black hole berada di Bintang Cygnus A

Black hole berada di bintang Cygnus X-I


Silahkan mengeksploarsi website Hubble Site untuk menemukan keberadaan Lubang Hitam di alam semesta. Selain itu kita juga bisa menggunakan Hubble Site untuk melakukan simulasi bila mana sebuah obyek seperti arloji dan manusia dihisap oleh Black Hole.
Previous
Next Post »