Planet Jupiter dan Venus Akan Bertabrakan

Melihat planet-planet di langit malam
Mari melihat Jupiter dan Venus berpapasan
Planet Jupiter adalah salah satu planet luar dan memiliki ukuran yang cukup besar, sedangkan Venus adalah planet yang memiliki ukuran hampir sama seperti bumi namun lebih dekat dengan matahari. Walau kedua planet tersebut berbeda daerah yaitu Jupiter menempati bagian planet luar sedangkan Venus menempati bagian planet dalam namun memiliki orbit yang memungkinkan kedua planet tersebut berpapasan dengan jarak yang begitu dekat.

Tim astonomi NASA di California mengungkapkan bahwa Jupiter dan Venus akan berkumpul ke dalam satu orbit. Pertemuan kedua planet itu akan menciptakan citra yang sangat terang dan dapat ditangkap dengan mata telanjang dari bumi.

Seperti yang dilansir dari laman Mirror pada Rabu (17/6/2015) menuliskan bahwa pertemuan dua planet tersebut akan terjadi pada 19 Juni 2015. Kita dapat melihat planet-planet yang cerah membentuk sebuah segitiga diikuti dengan bulan sabit sebagai titik ketiga.

Pada tanggal 19 Juni 2015 itulah malah yang tepat untuk kita dapat melihat ketiga bulan melalui teleskop atau pun mata telanjang. Kita dapat melihat guratan di Venus, bulan miliki Jupiter dan bulan milik bumi. Sedangkan untuk puncak dari kejadian alam yang lanka ini, NASA memperkirakan akan terjadi pada tanggal 30 Juni 2015. Pada tanggal tersebutlah Planet Jupiter dan Venus memiliki jarak yang sangat dekat, kurang lebih berjarak sekitar 10 derajat.

Kejadian alam tersebut juga menarik banyak astronom, beberapa astronom mengungkapkan bahwa kedekatan yang berkisar 10 derajat antara planet Jupiter dan Venus bisa saja nyaris dan bahkan bisa tabrakan.

Sudah siap menyaksikan kejadian langka tersebut? Persiapkan moment bersama orang-orang terdekat. :)

Sumber: http://techno.okezone.com/read/2015/06/17/56/1166890/yuk-lihat-planet-jupiter-venus-bertabrakan-di-langit
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
17 Juni 2015 pukul 05.10 ×

Wah bakalan menarik nih...
Makasih infonya gan..

Reply
avatar
17 Juni 2015 pukul 05.22 ×

Sama-sama mas. :D Jangan lupa bawa cemilan dan yang penting harus sama yang spesial. :v

Reply
avatar