Beginilah Sebuah Obyek Bila Terhisap Lubang Hitam

Merasakan sebuah penundaan waktu mungkin ada baiknya buat kita tapi ada hal buruknya juga. Black hole atau Lubang Hitam memungkinkan untuk memperlambat sebuah waktu. Sejatinya di dalam Lubang Hitam adalah ruang waktu, di mana kita dapat menuju ke sebuah tempat dengan jarak tempuh waktu yang sangat singkat atau lebih cepat dari yang seharusnya. Lubang hitam berada di salah satu Galaxy di alam semesta ini, seperti di Galaxy Andromeda. Untuk mencari Balck Hole berada, kita memerlukan sebuah teleskop yang sangat besar. Mengingat jarak yang sangat jauh antara bumi dengan bintang atau galaxy yang terdapat Black Hole dapat memakan waktu sampai dengan 2.5 juta tahun cahaya.

Sebuah obyek yang memasuki Lubang Hitam akan mengalami sebuah perlambatan waktu yang akan berdampak pada sebuah obyek itu sendiri. Perlambatan waktu itu disebut dengan Delasi Waktu. Misalnya jika manusia masuk ke dalam Lubang Hitam maka tubuhnya akan melalukan perlambatan metabolisme. Katakanlah itu penuaan, maka secara langsung tubuh akan melalukannya, sehingga bila mana manusia bumi dengan manusia yang terhisap black hole akan terlihat lebih muda manusia yang terhisap lubang hitam.

Bila sebuah arloji atau jam tangan dilemparkan ke dalam black hole maka akan terjadi pelambatan waktu. Hal ini dapat kita praktikkan di sebuah website HubbleSite. Kita dapat melakukan eksperimen dengan melemparkan arlogi ke dalam Lubang Hitam dan mengamati perbedaan arloji yang tidak dilemparkan ke dalam Lubang Hitam.

Tidak hanya menggunakan sebuah arloji saja kita dapat melakukan eksperimen dengan Lubang Hitam. Kita dapat mengamati bila mana manusia memasuki sebuah Lubang Hitam dan mengetahui reaksi yang ditimbulkan Lubang Hitam terhadap tubuh manusia.


Melakukan Eksperimen Lubang Hitam Menggunakan Arloji

Untuk melakukan eksperimen terhadap Lubang Hitam, kita dapat menggunakan website HubbleSite. Berikut adalah screenshot eksperimen bila mana sebuah arloji memasuki sebuah Lubang Hitam.

Melakukan Simulasi Terhadap Lubang Hitam Menggunakan Arloji
Arloji dilepaskan ke lubang hitam
Melakukan Simulasi Terhadap Lubang Hitam Menggunakan Arloji
Arloji mendekati lubang hitam 
Melakukan Simulasi Terhadap Lubang Hitam Menggunakan Arloji
Terjadi pelambatan waktu terhadap arloji B saat memasuki lubang hitam

Melakukan Eksperimen Lubang Hitam Menggunakan Tubuh Manusia 

Setelah kita melakukan eksperimen lubang hitam menggunakan arloji, kini kita coba untuk melakukan eksperimen menggunakan tubuh manusia. Bagaimana jika tubuh manusia memasuki lubang hitam? Seperti ini gambarannya.

Melakukan Simulasi Terhadap Lubang Hitam Menggunakan Tubuh Manusia
Memulai simulasi tubuh manusia untuk di masukkan ke dalam lubang hitam
Melakukan Simulasi Terhadap Lubang Hitam Menggunakan Tubuh Manusia
Tubuh manusia mulai mendekati lubang hitam
Melakukan Simulasi Terhadap Lubang Hitam Menggunakan Tubuh Manusia
Reaksi tubuh manusia saat terhisam lubang hitam


Jika kamu ingin melakukan eksperimen sendiri di HubbleSite, silahkan untuk mengeklik link berikut ini Eksperimen Lubang Hitam. Berikut tutorial sederhana menggunakan HubbleSite untuk bereksperimen menggunakan arlogi atau tubuh manusia.

Melakukan Simulasi Terhadap Lubang Hitam Menggunakan Obyek

Klik Drop a clock into a black hole untuk melakukan eksperimen lubang hitam menggunakan arloji.
Klik Fall into a black hole  untuk melakukan eksperiment lubang hitam menggunakan tubuh manusia.
Previous
Next Post »