Apa Itu Black Hole atau Lubang Hitam?

Black hole atau lubang hitam
Relativitas umum
BLACK HOLE

Lubang Hitam (black hole) adalah sebuah ruang waktu yang mempunyai gravitasi paling kuat. Semua materi dapat dihisap tidak terkecuali cahaya sekalipun. Pada sebuah teori yang bernama Teori Relativitas Umum memperkirakan bahwa lubang hitam membutuhkan massa yang sangat besar untuk menjadi sebuah lubang hitam yang terdapat di ruang waktu. Bagian-bagian dalam lubang hitam terdiri dari beberapa lapisan, salah satunya adalah Event Horizon, bagian tersebut adalah permukaan yang berada di sekitaran lubang hitam. Event Horizon tidak mempunyai cahaya sama sekali oleh sebab itu ia disebut dengan "hitam". Event Horizon akan menyerap apa pun yang berada di sekitarnya dan tidak dapat kembali lagi. Secara teoritis lubang hitam mempunyai ukuran bervariasi, mulai dari ukuran yang sangat kecil (mikroskopik) sampai dengan ukuran yang sangat besar seukuran alam raya yang dapat diamati.

Event Horizon mempunyai radiasi di sekitarnya dengan suhu yang takterbatas hal ini diungkapkan dalam teori Medan Quantum dalam Ruang-Waktu Melengkung. Suhu tak terbatas yang dipancarkan oleh Event Horizon tersebut berbading terbalik dengan massa Lubang Hitam, sehingga sulit untuk diamati.


SEJARAH LUBANG HITAM

Mengenai sejarah dari Lubang Hitam pertama kali dicetuhkan oleh John Michell dan Pierre-Simon Laplace pada abad ke-18. Selanjutnya dikembangkan oleh astronom asal Jerman Karl Schwarzschild pada tahun 1916, ia mengembangkan temuan tersebut berdasarkan teori relativitas umum dari Albert Einsten, teori tersebut makin berkembang dan populer karena juga dikembangkan oleh Stephen William Hawking.

Istilah Lubang Hitam mulai populer ketika John Archibald Wheeler menggunakannya untuk berceramah pada tahun 1967. John terkenal luas karena dianggap sebagai pencetus pertama kali nama dari Black Hole "Lubang Hitam", namun ia selalu menampiknya dengan pernyataan bahwa ia bukanlah penemu istilah itu.


ASAL MULA LUBANG HITAM

Untuk menciptakan lubang hitam katanlah matahari dan bumi tidak akan bisa untuk menciptakannya karena tidak mencukupi kekuatan setara atau lebih kekuatan atom dan nuklir, matahari dan bumi mempunyai sifat yang melawan tekanan gravitasinya sendiri oleh sebab itulah Matahari dan bumi tidak akan bisa menciptakan black hole. Lubang hitam tercipta dari sebuah obyek yang tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Black hole hanya dapat tercipta pada obyek yang mempunyai massa sangat besar, tekanan gravitasilah yang menang.

Untuk mengetahui bagaimana lubang hitam tercipta dan di mana saja lubang hitam berada, kita dapat membuka website dari HubbleSite. Di website tersebut kita dapat belajar mengenai seluk beluk black hole , mencari dan menemukan lubang hitam di alam semesta hingga melakukan simulasi bagaimana jika sebuah obyek memasuki black hole. Silahkan klik link berikut untuk menuju ke HubbleSite.

Sumber:  wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam
Previous
Next Post »