Bintang Muda Kejutkan Astronom

Sebuah satelit yang mengamati tata surya dan meneliti kehidupan di luar bumi menangkap sebuah Protoplanet yang berjarak 450 tahun cahaya dari bumi. Hal tersebut mengejutkan para astronomi, pasalnya sistem tata surya seperti itu belum pernah ditemukan sebelumnya. Catatan ini menjadi sebuah studi dan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan teori mengenai pembentukan planet di sekitar bintang induknya.

Berikut lima gambar dalam penelitian sistem tata surya muda yang mengejutkan dunia astronomi.


1.  Protoplanet di Seputar Bintang
Bintang Muda Kejutkan Astronom
Sebuah cakram protoplanet berhasil ditangkap oleh satelit atau citra yang dibuat oleh Observatorium Alma di Chili. Citra tersebut menangkap protoplanet di dekat bintang muda yang disebut dengan nama HL Tauri. Gambar yang ditangkap menunjukkan sebuah celah hitam yang terlihat jelas ketika planet terbentuk. Temuan ini menjadi kali pertama bagi para astronom, seperti yang dikemukakan oleh Wakil Direktu Alma "Biasanya bintang berusia muda belum memiliki planet yang membentuk struktur ini".

2.  Bintang HL Tauri
Bintang Muda Kejutkan Astronom
HL Tauri adalah sebuah bintang muda dengan usia tidak lebih dari satu juta tahun. Walaupun seperti itu cakram kosmik yang dimilikinya telah dipenuhi planet-planet yang terbentuk. Gambar yang ditangkap oleh satelit di bumi akan terus mengawasi perkembangan bintang HL Tauri. "Citra ini akan merevolusi teori mengenai pembentukan planet" ujar Catherinet, seorang ilmuwan ALMA.

3.  Teleskop ALMA
Bintang Muda Kejutkan Astronom
Teleskop ALMA adalah teleskop yang digunakan untuk mengamati cakram HL Tauri dan telah mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi.  Teleskop ALMA juga memegang rekor sebagai teleskop terbesar di bumi dan lebih baik dari teleskop yang dibuat oleh NASA.

4.  Planet Terbentuk Lebih Dini
Bintang Muda Kejutkan Astronom
Terciptanya sebuah planet atau dunia baru didemonstasikan oleh sistem tata surya di konstelasi bintang Taurus dengan sebuah debu dan gas. Juga gaya gravitasi adalah salah satu peran penting dalam mengumpulkan debu kosmik menjadi sebuah benda langit seperti planet. Seperti yang telah dibuktikan oleh Citra ALMA bahwa planet terbentuk lebih cepat ketimbang yang telah diperkirakan oleh para ilmuwan.

5.  Protoplanet Paling Tajam
Bintang Muda Kejutkan Astronom
Hasil dari pengarahan lusinan teleskop seperti ALMA secara bersamaan untuk menangkap sebuah cakrap protoplanet yang paling tajam yang pernah di lihat oleh manusia. Hal tersebut dilakukan untuk menangkap detail lebih jelas pada cakram-cakram bintang seperti cakram protoplanet HL Tauri.


Source: dw.de
Previous
Next Post »