Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa

Astonomi: Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa

Pada 3 Juni 2014 lalu para astronomor yang berada pada 7 tempat berbeda. Di Chile, Brazil, Uruguay dan Argentina dikejutkan oleh penemuan yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Temuan itu adalah cincin kosmik pada asteroid. Di mana sebuah cicin yang diketahui sebelumnya hanya berada pada sebuah planet raksaksa seperti Saturnus. Benda langit itu dinamai dengan Chariklo, Chariklo mengitari matahari di antara orbit Saturnus dan Uranus yang berjarak sekitar satu miliyar kilometer dari bumi.

Chariklo mungkin salah satu asteroid yang mempunyai cincin kosmik. Berikut adalah 7 benda langit yang indah dan berbahaya.

1.  Komet
Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa
Tidak hanya sisa-sisa asteroid seperti debu saja yang bisa jatuh dan membahayakan kehidupan di bumi namun juga kometnya itu sendiri juga sangat berbahaya. Para ilmuwan berpendapat bahwa komet adalah sisa material dari pembentukan sebuah planet.

2.  Cahaya Berkeor
Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa
Panasnya komet saat mendekati bumi atau memasuki atmosfir bumi bisa sampai 3000 derajat celcius. Saat itulah komet dapat terlihat bercahaya dan berekor. Komet terdiri dari susunan partikel gas, bantuan dan partikel debu.

3.  Hujan Komet
Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa
Partikel bercahaya akan berjatuhan di bumi bila mana ada banyak komet yang melintas amat dekat dengan bumi. Hujan komet yang paling spektakuler adalah hujan komet Perseid dan Leonidas.

4.  Meteorit Barringer
Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa
Terlihat sebuah kawah yang diakibatkan oleh hantaman meteor Barriger di Arizona, Amerika Serikat. Diameter dari kawah meteorit Barriger adalah 1000 m. Sebuah meteorit terbentuk  dari pecahan benda langit, ukurannya berfariasi. Jika meteorit cukup besar maka akan menghasilkan daya rusak yang luar biasa.

5.  Musnahnya Dinosaurus
Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa
Pada 65 juta tahun yang lalu jatuhlah sebuah meteroit raksaksa yang menjadi salah satu faktor utama musnahnya dinosaurus. Metorit tersebut jatuh di wilayah Semenanjung Yucatan dan menimbulkan sebuah kawah berdiameter 300 km.

6.  Lebih Dekat Dengan Bumi
Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa
Asteroit sebesar 130.000 ton dengan nama 2012 DA14 mendekat ke bumi dengan jarak 27.000 kilometer pada bulan Februari 2013 silam. Kejadian ini lebih dekat dari yang diperkirakan sebelumnya dan lebih dekat dari kebanyakan satelit di orbit.

7.  Sistem Peringatan Dini
Indah dan Bahayanya Batuan Antariksa
Sebuah sistem peringatan dini yang dibangun oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) di Frascati, Italia. Sistem buatan ESA ini digunakan untuk mengambil gambar dari aktifitas di luar bumi yang kemudian data tersebut akan dicatat di sana guna penelitian lebih jauh.

Source: dw.de
Previous
Next Post »