5 Fakta Tentang Planet Kerdil

Planet:  5 Fakta Tentang Planet Kerdil

Kebanyakan planet kerdil akan menjadi sebuah kontroversi. Mengingat ukurannya yang relatif kecil dan kadang dianggap itu bukan sebuah planet atau tidak memenuhi syarat dari sebuah planet. Seperti yang telah terjadi pada Planet Pluto. Pada tahun 2006 silam planet Pluto menjadi perdebatan yang luar biasa di kalangan ilmuwan dan astonom, namun pada akhirnya planet kecil ini kembali diakui sebagai anggota tata surya karena Pluto juga mengorbit pada matahari. Selain itu juga diketahui Pluto mempunyai bobot yang memenuhi syarat dan bentuknya yang membulat.

Berikut adalah 5 fakta tentang planet kerdil dalam Galaxy Bima Sakti.


1.  Pluto Mempunyai 5 Bulan
5 Fakta Tentang Planet Kerdil
Planet Pluto yang diamati menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble terlihat dimempunyai dan dikelilingi oleh lima bulan kecil.  Teleskop Hubble tidak hanya mengamati dan mengumpulkan informasi mengenai planet Pluto, ia juga digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai lima planet kerdil yang berada pada sabuk asteroid di pinggiran tata surya.

2.  Pelancakan Planet Kerdil
5 Fakta Tentang Planet Kerdil
NASA pada tahun 2006 silam meluncurkan sebuah wahana luar angkasa tak berawak New Horizon yang ditugaskan untuk meneliti lebih lanjut mengenai sifat dan komposisi planet kerdil seperti Pluto. Selain meneliti planet-planet kerdir New Horizon juga akan melacak misteri sabuk asteroid Kuiper Belt yang menjadi rumah dari planet kerdil. Jarak antara Planet Pluto dengan Bumi sekitar 4,5 milyar KM dan diperhitungkan bahwa New Horizon akan tiba di Planet Pluto pada Juli 2015 mendatang.

3.  Dawn Kunjungi Cares
5 Fakta Tentang Planet Kerdil
Wahana penelitian antariksa DAWN yang akan meneliti planet kerdil Cares. Planet ini adalah salah satu planet yang cukup terkenal di sabuk asteroid. Dawn bertugas untuk memotret citra planet Cares dengan resolusi tinggi serta pengukuran variasi refleksi cahaya dari planet tersebut. Foto yang bagus diharapkan mampu mengungkap komposisi planet yang berlapiskan es tersebut.

4.  Planet Tak Beratmosfir
5 Fakta Tentang Planet Kerdil
Namanya planet Makemake yang tergolong juga sebagai planet kerdil. Seperti yang telah diamati oleh European Southern Observatory menunjukkan bahwa permukaan dari planet kerdil ini adalah es.  Posisi planet kerdil Makemake berada jauh di belakang planet Neptunus. Analisa yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik refleksi cahaya diperkirakan bahwa Planet Makemake tidak mempunyai atmosfir global tapi hanya mempunyai kantung-kantung atmosfir yang terdiri atas gas metana dari es yang menyublim.

5.  Terkecil dan Terjauh
5 Fakta Tentang Planet Kerdil
Planet kerdir dengan nama Sedna adalah planet kerdil terjauh dari matahari yang ditemukan pada pertengahan 2004 dengan jarak 8 milyar KM. Planet kerdil berwarna merah ini sebenarnya diselimuti oleh es. Pada planet kerdil ini juga ditemukan sebuah bulan mini yang mengorbit planet induknya. Batas tata surya bukanlah menjadi penghalang bagi para pakar dan ahli astronomi melainkan menjadikan sebagai langkah untuk meneliti lebih jauh.

Source: dw.de
Previous
Next Post »