Kehidupan Robot di Mars

Robot: Namanya Curiosity adalah robot atau wahana tanpa awak yang telah menjelajahi planet merah yaitu Mars. Curiosity ditugaskan untuk meneliti mengenai Mars. Saat ini wahana nirawak ini akan dijalankan ke Mount Sharp untuk meneliti dan menjelajah gunung tersebut. Perjalanan ini juga menjadi perjalanan terakhir di planet Mars.
Berikut foto-foto yang menampilkan robot atau wahana nirawak seperti Curiosity dan wahana nirawak lainnya dalam menjalankan tugasnya di planet Mars.

1.  Menuju Lembah Marathon
Kehidupan Robot di Mars
Lengan Opportunity yang menjulang berusaha mengidentifikasi permukaan di bawahnya. Lokasi yang menjadi tujuan wahana ini adalah Lembah Marathon yang juga telah dibaptis oleh ilmuwan. Sebelumnya ada wahana yang bernama Spirit, namun nasibnya kurang beruntung. Pasalnya Spirit yang juga menjadi saudara kembar dari Opportunity meregang nyawa di tempat tersebut.

2.  Curiosity Penjelajah Mars
Kehidupan Robot di Mars
Beginilah bentuk dari Curiosity yang dibekali sebuah kamera yang dapat memotret dirinya sendiri. Curiosity diluncurkan oleh NASA pada tahun 2012, saat itu juga Curiosity mulai menjelajahi planet merah ini. Robot ini ditugaskan untuk meneliti planet Mars untuk mengetahui masa lalu atau saat ini layak untuk dihuni. Selain itu juga robot ini ditugaskan untuk mengambil batu-batuan planet Mars. Diharapkan dengan pengambilan batu Mars dapat menjadi sample dan diteliti lebih lanjut.

3.  Munculnya Kehidupan
Kehidupan Robot di Mars
Grotzinget, Manager NASA mengungkapkan bahwa planet Mars mempunyai kesempatan pernah atau untuk mendukung sebuah kehidupan. Pasalnya dari banyaknya peneltian yang telah dilakukan oleh NASA terhadap planet merah ini, mereka menemukan Belerang, Nitrogen, Fosfor dan Karbon dari batuan yang berhasil diteliti lebih jauh. Element kimia tersebut berperan sebagai pendukung kehidupan.

4.  Eksplorasi di Planet Merah
Kehidupan Robot di Mars
Terlihat dua buah roda yang jelas dari wahana nirwanak dalam penjelajahan Mars. Foto ini diambil dengan latar belakang lereng gunung Sharp. Wahana penjelajar Mars ini mempunyai bobot seberat 900 Kg dan dilengkapi dengan enam buah roda besi. Wahana ini digerakkan dengan tenaga yang dihasilkan dari panel surya untuk kemudian disimpan pada baterai radionuklida.

5. 40 Kilometer di Mars
Kehidupan Robot di Mars
Jarak luar biasa dan menjadi sebuah rekor dari perjalanan sebuah wahana yang bisa dilakukan di luar bumi. Namanya Opportunity, sebenarnya robot ini hanya dirancang untuk menjelajah planet Merah ini dengan jarak tempuh sejauh satu kilometer saja. Namun apa yang telah terjadi membuktikan bahwa Opportunity cukup tangguh untuk berjalan di permukaan Mars. Opportunity diluncurkan oleh Nasa menuju planet Merah pada tahun 2004 silam dan telah bekerja selama 10 tahun.

Source:  dw.de
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
fajar najmi
admin
13 April 2015 pukul 09.24 ×

wah artikelnya mantap mas, nambah wawasan banget nih :D

Reply
avatar
13 April 2015 pukul 10.13 ×

Thanks mas. Lagi belajar juga.

Reply
avatar